Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

KKNTematik642 - Bukan lagi sebuah rahasia bahwa Covid-29 atau corona merupakan virus global yang sedang melanda dunia. Semua Negara bersiaga dan berusaha sekuat mungkin untuk mengecilkan angka kematian maupun orang yang terkonfirmasi kasus positif corona. Virus corona membuat kita melihat lagi kebelakang tentang bagaimana virus SARS yang juga melanda dunia.

 

SARS pertama kali juga ditemukan di Negara China tepatnya di daerah Guangdong. Virus tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2002 dan diidentifikasi pada tahun 2003. Menurut laporan yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2003, ada sebanyak 8.098 orang di seluruh dunia yang terkena SARS dan 774 orang di antaranya meninggal dunia. SARS merupakan penyakit menular. Penularan SARS terjadi saat seseorang tidak sengaja menghirup percikan air liur yang dikeluarkan oleh penderita SARS saat bersin atau batuk.

 

Dapat dibilang setelah virus SARS menyerang 18 tahun kemudian Corona bagaikan kejadian terulang bagi dunia. Pemerintah China pun kembali diawasi oleh pengawasan global. Untuk itu apa yang bisa dipelajari dari wabah virus SARS tersebut?


 

Bekerja sama dengan negara lain

 SARS baru diketahui publik dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Februari tahun 2003. Meskipun pada awalnya tidak ada yang ditutupi akan tetapi pejebat pemerintah menganggap sepele risiko penaykit tersebut. Investagasi meunujukkan bahwa virus tersebut pertama kali muncul pada Provinsi Guangdong pada November 2002, akan tetapi hal tersebut baru diketahui public setalah berbulan-bulan lamanya.

WHO mengeluarkan peringatan global pertamanya pada 12 Maret 2003 setelah seorang pasien dirawat di rumah sakit di Hanoi, Vietnam yang kemudian menularkan virus itu kepada sejumlah staf medis.

 

Jangan tutupi

Banyaknya hal-hal yang ditutupi mengenai virus SARS ini membuat nama China menjadi buruk dimata dunia bahkan dianggap menyebabkan perlamabatan ekonomi. Ahli kesehatan, termasuk Prof Heymann, menegaskan transparansi adalah faktor kunci dalam penyebaran virus, terutama virus yang belum diketahui. Ketika langkah kontrol yang layak dan pencegahan infeksi diimplementasikan, Sars bisa ditangani dalam hitungan bulan. Ahal tersebut dibantu oleh informasi kesehatan publik yang dibagikan oleh WHO dan pemerintah lokal di lokasi penyebaran virus itu.

 

Pada penyebaran virus corona ini pemerintah China menjadi jauh lebih terbuka. Akan tetapi, pemerintah China telah memperkuat kontrolnya atas aliran informasi sejak zaman SARS.

Beberapa ilmuwan internasional memperkirakan jumlah sebenarnya orang yang terkena dampak virus corona baru jauh lebih tinggi daripada yang telah dikonfirmasi secara publik.

 

 

Perbaiki respons medis

Wabah SARS sendiri menjadi  momok yang menyebabka perubah sistem medis China, dimana pengeluaran untuk fasilitas kesehatan menjadi meningkat. Setelah Sars, pemerintah menciptakan sistem online terpusat yang menghubungkan klinik dan rumah sakit di seluruh negeri dan memungkinkan mereka melaporkan kasus secara real time.

 

Gabriel Leung, ketua kesehatan masyarakat di Universitas Hong Kong, mengatakan skala waktu "mengenali, mengkarakterisasi, melepaskan dan melaporkan informasi" telah jauh meningkat sejak wabah Sars.

 

Pasar satwa liar

Pada tahun 2006 Zhong Nanshan, dokter yang mengidentifikasi SARS mengatakan penting untuk membersihkan pasar satwa liar China yang “tidak dikelola dengan baik dan tidak sehat” dan suber berbahaya dari kemungkinan infeksi baru. Tetapi laporan dari Wuhan menunjukkan penularan antar spesies juga menjadi pusat penyebaran baru ini.

 

Salah satu pasar dari Wuhan telah diperkirakan menjual hewan termasuk tikus, anak anjing, serigala hidup dan musang. Biasanya, penggunaan hewan untuk makanan lokal atau obat-obat tradisional telah menghambat upaya untuk menghapus perdagangan hewan. Tetapi dengan pasar yang kembali diidentifikasi sebagai sumber wabah, bahkan media resmi pun memobilisasi banding terhadap perdagangan satwa liar.

PopCorn Story

[name=KKN TEMATIK 642] [img=https://1.bp.blogspot.com/-rpma5s4MUI4/XoDvmQRh_sI/AAAAAAAAAOk/DypsZgMmNlEKBBY-GjJnhdhvnPaJ3CNBACK4BGAYYCw/s1600/Popcorn%2BStory.png] [description=PopCorn Story (Peoples With Corona Story) is a website that contains stories of struggles of people who recovered in the face of the covid-19 virus outbreak. You can also send your own stories, as well as criticisms or suggestions that you have through the form provided on this website.] (facebook=#) (twitter=#) (instagram=#) (bloglovin=#) (pinterest=#) (tumblr=#)