Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

KKNTematik642 - Tingginya kasus dan angka kematian akibat virus corona menyebabkan timbulnya berbagai peraturan, salah satunya adalah sistem WFH. WFH atau Work From Home adalah sistem dimana para pekerja kantoran diwajibkan untuk bekerja dari rumah, tidak perlu pergi ke kantor. Sistem ini diterapkan agar tingginya kasus virus corona dapat ditekan.

 

Sistem Work From Home memiliki beberapa keuntungan yaitu karyawan dapat menghemat biaya pengeluaran seperti biaya transportasi dan biaya makan, lebih fleksibel, dan dapat berada dekat dengan keluarga. Namun sistem ini juga memiliki kekurangan seperti karyawan akan mudah kehilangan motivasi bekerja.



 

Hilangnya motifasi saat bekerja dapat disebabkan oleh berbagai alasan, misalnya suasana yang tidak mendukung, atau karena adanya gangguan dari anggota keluarga lainnya. Untuk menjaga agar sistem Work From Home tetap produktif, dapat diikuti tips-tips berikut yaitu:

 

1. Buat ruang kerja menjadi lebih nyaman

Tempat seseorang bekerja mampu mempengaruhi tingkat motivasi seseorang. Biasanya jika berada di ruangan yang kotor atau tidak nyaman cenderung membuat seseorang untuk malas berlama-lama berada di ruangan tersebut. Jika kita memang hanya bisa bekerja di dalam ruangan tersebut namun ruangannya tidak nyaman, maka sudah pasti motivasi kita untuk bekerja akan berkurang.

 

Untuk menghindari hal tersebut, buatlah ruangan tempat kita bekerja menjadi senyaman mungkin seperti dengan selalu membersihkan ruangan tersebut, serta menaruh hiasan-hiasan kecil yang mampu menghilangkan kejenuhan seseorang. Dengan begitu, kita dapat menjaga motivasi kita untuk tetap bekerja hingga tugas selesai.

 

2. Atur daftar pekerjaan

Sistem Work From Home tidak selalu menyebabkan tugas yang harus dikerjakan menjadi lebih ringan. Kita tetap mendapatkan pekerjaan yang memerlukan pemikiran khusus. Jumlah pekerjaan yang harus dikerjakan juga sama banyaknya.

 

Dengan begitu, kita harus membuat daftar pekerjaan yang harus kita lakukan. Pembuatan daftar ini bertujuan agar kita tidak kehilangan arah setelah melakukan suatu bagian pekerjaan tertentu. Dengan adanya pandangan awal tentang tahap yang harus kita lakukan selanjutnya, maka motivasi kita untuk tetap bekerja akan terus ada.

 

3. Jangan terbebani oleh pekerjaan

Dengan banyaknya pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan, maka terkadang kita akan merasa malas untuk melanjutkannya karena akan memakan waktu yang lama. Namun banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan tidak boleh membuat kita merasa terbebani.

 

Untuk mengatasi banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, kita harus meningkatkan fokus dalam bekerja, karena meskipun banyaknya pekerjaan yang ada, jika dapat diselesaikan dengan cepat maka pikiran kita akan menjadi lebih tenang. Kita juga tidak boleh menunda-nunda pekerjaan kita.

 

4. Jangan mudah terganggu oleh hal kecil

Saat kita mengerjakan sesuatu, mungkin saja terdapat gangguan-gangguan seperti dari anggota keluarga lain. Untuk itu, kita harus meningkatkan fokus kita untuk tidak terpengaruh oleh gangguan tersebut. Terkadang gangguan-gangguan yang ada membuat pikiran kita teralihkan sehingga kita akan meninggalkan pekerjaan kita demi menghilangkan gangguan tersebut.

 

Untuk mengatasi hal itu, kita harus belajar untuk terbiasa dengan gangguan ringan, karena pekerjaan yang sedang kita lakukan jauh lebih penting untuk diselesaikan. Jika kita mudah terganggu, tentu saja kinerja dalam bekerja akan menurun. Beberapa hal dapat dilakukan seperti jika ada anggota keluarga yang ribut saat kita bekerja, kita dapat menegurnya, atau kita dapat pindah ke ruang kerja yang tentunya bebas dari gangguan.

 

5. Istirahat yang cukup

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan tentunya akan sangat menguras tenaga baik fisik maupun pikiran. Kita terkadang tidak sempat untuk beristirahat demi ingin mengelesaikan pekerjaan itu dengan cepat.

 

Namun hal itu tentu saja keliru. Kita tetap harus beristirahat yang cukup untuk mengembalikan tenaga. Dengan kembali terisinya tenaga kita, motivasi kita untuk bekerja tentu saja akan ikut meningkat. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan dengan bekerja terus meski sudah lelah dan kehilangan fokus sehingga pekerjaan yang telah diselesaikan pun akan memiliki banyak kekurangan.

PopCorn Story

[name=KKN TEMATIK 642] [img=https://1.bp.blogspot.com/-rpma5s4MUI4/XoDvmQRh_sI/AAAAAAAAAOk/DypsZgMmNlEKBBY-GjJnhdhvnPaJ3CNBACK4BGAYYCw/s1600/Popcorn%2BStory.png] [description=PopCorn Story (Peoples With Corona Story) is a website that contains stories of struggles of people who recovered in the face of the covid-19 virus outbreak. You can also send your own stories, as well as criticisms or suggestions that you have through the form provided on this website.] (facebook=#) (twitter=#) (instagram=#) (bloglovin=#) (pinterest=#) (tumblr=#)